Rabu, 05 Maret 2014

CARA MENGHITUNG KKM (KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL)

Sebagai pijakan bagi suksesnya berbangsa dan bernegara, sudah seharusnya pemerintah senantiasa mengontrol kualitas pendidikan yang ada. Mulai dari kurikulum, sarana, tenaga pendidik bahkan sampai standar kelulusan. Semua adalah hal yang memang seharusnya dilakukan. Berkaitan dengan hal yang disebutkan terakhir, pemerintah telah memberikan pedoman atau rumus yang bisa dijadikan pijakan bagi setiap guru di semua sekolah  di tanah air. Sebuah pedoman yang realistis, karena mempertimbangkan apa yang ada di sekolah bersangkutan.
Pedoman yang selanjutnya dikenal dengan istilah Kriteria Ketuntasan Minimal atau sering disingkat dengan KKM ini, dikonstruk dari berbagai hal yang mana hal tersebut berkaitan erat dengan faktor yang harus dilibatkan dalam mencapai kompetensi di setiap mata pelajaran. Hal tersebut antara lain: tingkat kesukaran materi, sarana yang tersedia dan kemampuan siswa. Berikut adalah langkah-langkah dalam menentukan KKM:
1.      Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.
2.      Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.
a.       Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
b.      Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c.       Aspek intake. Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.
3.      Jumlah nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi tiga untuk menentukan KKM setiap KD.
4.      Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran
5.      KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
Lebih jelasnya berikut penulis sajikan contoh tabelnya:

Aspek yang dianalisis
Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas
Tinggi < 65
Sedang 65-79
Rendah 80-100
Daya dukung
Tinggi 80-100
Sedang 65-79
Rendah < 65
Intake siswa
Tinggi 80-100
Sedang 65-79
Rendah < 65

Atau dengan menggunakan poin/skor pada setiap kriteria yang ditetapkan

Aspek yang dianalisis
Kriteria Penskoran
Kompleksitas
Tinggi (1)
Sedang (2)
Rendah (3)
Daya dukung
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
Intake siswa
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)


 Contoh:
Mapel                          : Kimia
Kelas/Semester           : X/2
Sekolah                       : MA NU
Standar kompetensi    : Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi.

Kompetensi Dasar/Indikator
Kriteria pencapaian ketuntasan belajar siswa (KD/indicator)
Kriteria Ketuntasan Minimal

Kompleksitas
Daya dukung
intake
KD
Mapel
A.    Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit berdasarkan data hasil percobaan
1.      menyimpulkan gejala-gejala hantaran arus listrik dalam berbagai larutan berdasarkan hasil pengamatan.
2.      mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
3.      menjelaskan penye-bab kemampuan laru-tan elektrolit meng-hantarkan arus listrik.
4.      menjelaskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar




Rendah (80)




Sedang (70)





Tinggi (65)



Tinggi (65)








Tinggi (80)



Tinggi (80)




Tinggi (80)


Tinggi (80)




Sedang (70)



Sedang (70)




Rendah (65)


Rendah (65)




77




73





65



70



Langkah penghitungannya:
Untuk mencari KKM per KD
     ∑bobot soal
       3
a.       80+80+70
=76,6
3

b.      70+80+70
=73,3
3
c.       65+80+65
= 70
3
d.      65+80+65
=70
3


Mencari nilai KKM Mapel:

     ∑KKM KD
  ∑KD/indikator

77+73+70+70             290          
   =               =  72,5
4                       4


Nilai KKM Mapel merupakan angka bulat, maka nilai KKM 72,5 dibulatkan menjadi 73

4 komentar:

  1. Terima Kasih Pak Aziz.......moga bermanfaat untuk komunitas Guru

    BalasHapus
  2. pak saya izin kopi yo.terima kasih yo pak artikal nya sangat membantu tugas ngajar saya..

    BalasHapus
  3. tq makalahnya,sangat membantu tugas kami

    BalasHapus